Tanah Datar-sumateraline.com (16/01-2022)

Pentas seni gelanggang Rang Mudo 2 sebagai pilihan bagi anak-anak muda di Nagari Labuah untuk managakan nan lapuak, maramu nan tasuruak, (menegakan yang sudah lapuk, menyusun yang tersimpan) mam bangkik batang tarandam.

Hal ini dikatakan oleh
Syariful Ishlah ketua pelaksana gelanggang Rang Mudo, sebelum Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH membuka secara resmi  kegiatan Gelanggang  Rang Mudo di Nagari Labuah  Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu malam (15/01).

Ketua pelaksana Syariful Ishlah katakan, kegiatan gelanggang Rang Mudo 2 mulai dilaksanakan di tahun 2021. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan, dampak dari kegiatan ini untuk Nagari Labuah menjadi lebih inovatif dan memiliki identitas sendiri. Ada sesuatu yang bisa disajikan kepada masyarakat dan dapat menarik atensi dari masyarakat lokal dan luar nagari labuh.

Event ini juga diharap memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat Labuah khusunya untuk para pengusaha UMKM, karena galanggang rang mudo 2 melibatkan UMKM.


Galanggang rang mudo 2 tidak hanya berfokus pada penampilan atau pagelaran kesenian, akan tetapi juga dilengkapi dengan 'Galeri Nagari', Stand makanan (UMKM), stand kerajinan.

Tujuan galanggang rang mudo 2: untuk meningkatkan kreativitas anak nagari, memberikan edukasi kepada masyarakat khusunya tentang budaya minangkabau, memberikan hiburan kepada masyarakat dengan konsep budaya dan modern, menciptakan persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

"Harapan kami kepada pemerintah memberikan support dan dukungan penuh kepada event ini, sehingga event ini dapat terus terselenggara dan menjadi event tahunan Nagari Labuh," kata ketua Pelaksana didampingi Ela Rang Mudo.

Lebih lanjut Syariful Ishlah katakan, para penampil umumnya berasal dari tanah datar, namun ada 2 sanggar yang berasal dari luar tanah datar. Hal ini dilakukan karena untuk sanggar yang berasal dari luar tanah datar, terdapat anggota panitia yang memiliki jaringan pertemanan dengan sanggar di luar tanah datar.

Selain itu, tahun ini Galanggang Rang Mudo 2 mencoba memperluas jaringan kepada sanggar-sanggar lain yg ada di sumbar, namun masih dilakukan secara perlahan dan terbatas karena masih dalam suasana pandemi.

Untuk peserta terdiri dari 7 Sanggar yang ada di Sumbar, 1 diantaranya dari Kab. Solok untuk 6 lainnya dari Kab. Tanah Datar. Panitia penyelenggara merupakan anak nagari labuh.

Terima kasih kepada Bapak wakil bupati beserta rombongan, Disparpora Tanah Datar, Camat Lima Kaum, Wali Nagari Labuh, KAN Nagari labuh, BPRN Nagari Labuh beserta perangkat nagari labuh, dan semua tamu undangan yang tidak dapat disebutkan satu persatu
Yang telah membuka  Galanggang ini secara resmi.

Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk hadir dan 'bermain di galanggang' malam minggu ini. Semoga dengan dibukanya galanggang rang mudo di tahun kedua ini oleh wakik bupati dapat menjadi jalan pembuka bagi galanggang rang mudo di tahun tahun berikutnya, sampainya.

Nampak hadir Wabup Richi Aprian, Kadis Parpora yang diwakili Sekretaris Elno Pemri.SE.MSi, Kabid Ekraf Isma Efriyenti.SE Camat Lima Kaum, Walina Nagari, ketua KAN Nagari Labuah H. Eri Dt. Majo Indo nan kuruik, BPRN, Bundo Kanduang, pemuka masyarakat Nagari Labuah (007-n).

1 komentar:

 
Top