Tanah Datar-sumateraline.com (21/07-2022) 

Dibawakan Ketua TPPKK Saat Fashion Show, Baju Kurung Basiba Kabupaten Tanah Datar berhasil menjadi Juara I pada lomba fashion show Merancang Busana Kembaran PKK yang degelar saat Jambore Kader PKK Berptestasi dan Hari Kesatuan Gerakan PKK ke-50 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Baju kurung basiba yang dibawakan langsung oleh Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra itu berhasil tampil memukau dewan juri dan semua yang hadir di balroom hotel Sakura Lubuk Basung itu, Rabu (20/07).

Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra pada saat fashion show itu terlihat cantik dan elegan membawakan baju kurung berbahan kain yang lembut crinkle lady lia medium warna hijau lime bermotifkan Sulaman Kapalo Samek yang dibuat pengrajin Rumah Sulam Sefni Nagari Situmbuak Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.

Baju kuruang basiba yang dikenakan Ny. Lise Eka Putra itu berhiaskan sulaman kapalo samek dengan berbaga motif seperti Kaluak Paku (gulungan pucuk pakis muda) yang melambangkan tanggung jawab seorang laki-laki di Minangkabau sebagai ayah dari anak-anak dan mamak dari kemenakannya.

Motif Itiak Pulang Patang yang bermakna kebersamaan masyarakat dalam menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah dan mufakat. Motif siriah gadang, menyimbolkan kegembiraan, persahabatan dan persatuan dan motif rangkiang sebagai lumbung padi yang melambangkan kemakmuran dan bersikap hidup hemat.

Dan disini ditambahkan motif bunga melati sebagai inovasi karena akan dijadikan sebagai baju kembaran PKK.

Perpaduan motif dan warna yang sangat indah ini dan dibawakan oleh ketua TPPKK Tanah Datar yang anggun dan cantik berjalan di catwalk berhasil mengungguli kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat dan menjadikan baju kurung ini menjadi baju kembaran resmi TPPKK Provinsi Sumatera Barat.

Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra saat dikonfirmasi mengatakan untuk mencapai titik ini tentu berproses dari awal akan fashion show semua harus dipahami dan dipersiapkan, karena baju basiba ini untuk baju pendamping pkk tentu dipadukan sesuai dengan kebutuhan namun tidak dengan meninggalkan ke khasannya.

“Alhamdulillah kita juara fashion show rancangan busana kembaran pkk dan ini kita persiapkan mulai dari bahan, warna, motif dan apa yang disukai ibu-ibu pkk, sehingga kita bisa juara dan ini nanti akan menjadi baju pendamping atau kembatan baju pkk Provinsi Sumatera Barat yang akan dipakai kabupaten dan kota di Sumatera Barat,”ucapnya.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra baju kurung basiba rancangan dari Kabupaten Tanah Datar ini akan dipesan oleh kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat.

“Untuk tahap awal ini TPPKK Provinsi Sumatera Barat sudah memesan sebanyak 500 stel dan kedepan kita akan terus memproduksi dan menyiapkan bahan 1000 lebih mengingat pesanan yang juga akan banyak dari itu kita akan mempersiapkan segala sesuatunya,”ujar Ny. Lise Eka Putra.

Ny. Lise Eka Putra juga berharap dari kemenangan yang telah diraih ini dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi Tanah Datar, terkhusus UMKM seperti usaha sulaman dan akan berdampak pada perbaikan ekonomi masyarakat.

Terkait produk lokal Ny. Lise juga sampaikan bahwa di Tanah Datar juga sudah mulai bagaimana masyarakat menyukai dan mencintai hasil produk lokal seperti halnya pakaian dinas ASN satu kali dalam seminggu memakai busana berbahan tenun hasil UKM lokal.

Untuk harga dikatakan Ny. Lise mulai dari Rp400 ribu bahan baju perempuan dan Rp250 ribu bahan baju laki-laki. (*007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top