Tanah Datar-sumateraline. Com (11/07-2022)

Pesantren Manahijusadat mendapatkan Tanah Wakaf dari Ninik mamak dan masyarakat Nagari Salimpaung, untuk pembangunan Pondok Pesantren Modern  Manahijusadat 3 sebanyak 5 hektar. Yang sudah diwakafkan oleh Ninik mamak masyarakat, sudah diterima wakaf oleh Nazir Wakaf yang diketuai saya sendiri, dan diantara anggota nazirnya adalah Ketua BWA termasuk juga Wakil Wali Kota Bukittinggiini itulah Nazir Wakaf nya. 
Hal tersebut dikatakan oleh Pimpinan Pesantren Manahijusadat H. Sulaiman Effendy, M.Pd saat peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Modern dan Tabligh Akbar bersama Buya H. Jali Sadana TK Sinaro Mangkuto Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yakin Pariaman di Nagari Salimapaung Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar pada Senin (11/07). 

Lebih lanjut Pimpinan Pondok Pesantren mengatakan, 
adapun untuk pembangunan Pondok Pesantren ini di bagi tiga tahap, tahap pertama yang sedang dikerjakan 3 Gedung kelas dan Asrama, 2 rumah guru, 12 WC dan MCK kemudian Bak penumpungan Air. Baik yang di kepala Air maupun yang ada di sini, Dananya sudah masuk dalam RAB 1,6 Milyar untuk tagap pertama. 

Tahap kedua nantik, Asrana sama 3 gedung, 2 rumah guru, ditambah 1 Masjid dan ini belum dianggarkan. Kira kira anggarannya hampir sama dengan yang di awal tapi plus Masjid. Pesantren ini bukan untuk Santri dari Tanah Datar saja, akan tetapi nasional dan Internasional, kita bekerja sama dengan beberapa Universitas Internasional, diantaranya Al-Azhar University Kairo. 

"Karena ijazah yang kita miliki sudah diakui oleh Al-Azhar University Kairo, diakui juga oleh UGM di Jakarta, artinya ini bukan untuk lokal saja, tidak menutup kemungkinan dari luar Negeri juga akan datang ke Pesantren Manahijusadat 3 Nagari Salimpaung, kita kerja sama dengan Internasional," Kata Pimpinan Pesantren Manahijusadat 1 Banten Kiyai H. Sulaiman Efendy, M.Pd

Harapan kepada Pemerintah Daerah supaya kita bekerja sama saling bahu membahu sesuai dengan bidang masing-masing, Pesantren dengan SDM dan Kurikulumnya, membuat rencana pembangunan, kita harapkan Pemerintah bisa mendukung Infrastrukturnya seperti Jalan, Listrik untuk menunjang pendidikan. Kita optimistis ini akan terwujud berdirinya Pondok Pesantren ini, karena kita sudah dibantu oleh tiga unsur yaitu Pemerintah, Kepolisian, Ninik mamak, dan masyarakat semua harapnya.

Pada kesempatannya Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian SH.MH menyampaikan, ucapan selamat atas berdirinya Pondok Pesantren Manahijusadat di Nagari Salimpaung, InsyaAllah di Tanah sinilah akan lahir Potensi-potensi besar yang akan memimpin Negeri ini. 

"Kita sebagai Pemerintah Daerah mohon kepada seluruh masyarakat Tanah Datar dan seluruh Warga saling membantu untuk menyukseskan rencana kita dalam mengbangkan Pondok Pesantren iniini agar diberkahi oleh Allah SWT nantik, Ucap Wabup Richi Aprian. 

Sementara itu Wakil Wali Kota Bukittinggi H. Marfendi Dt. Basa Balimo, mengajak masyarakat di rantau maupun di Kampung halaman, mari bersama-sama kita membangun Pondok Pesantren ini satu saat tempat ini akan menjadikan anak kita menjadi Pemimpin di Negeri ini khususnya di Tanah Datar. 

"Semoga apa yang dilakukan oleh Pemerintah Datar Datar saat ini dan masyarakat akan memperoleh amal ibadah yang luar biasa disisi Allah SWT, kita sebagai Wakil Wali Kota Bukittinggi mendukung sekai atas berdirinya Pondok Pesantren Modern Manahijusadat di Nagari Salimpaung ini,"kata Buya H. Marfendy. 

Disambutannya Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Wijayanto, S.I.K, M.Si, mengucapkan selamat kepada Panitia dan masyarakat atas berdirinya Pondok Pesantren Modern Manahijusadat di Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung, mudah-mudahan sesuai dengan waktu yang direncakan. 

"Kami berharap agar tercetak Santri-Santri yang penuh ahlak Mulya untuk memimpin Negeri ini nantinya, yang mampu bersaing di era globalisasi dan digitalisasi, mudah-mudahan bagi yang mewakafkan lahan bisa menjadi ladang pahala di akhir nantik," Ucap Kapolres Ruly. 

Sebelumnya Drs. Marjohan Wali Nagari Salimpaung, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Wakil Bupati Tanah Datar, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Pimpinan Pesantren Manahijusadat, Buya H. Jali Sadana, Pimpinan badan Wakaf Al-Qur'an Indonesia, Ketua Gapoktan Sumbar dan anggota DPRD Tanah Datar Yalpema Jurin, dan terimakasih kepada Ninik mamak Cadiak Pandai Bundo kanduang, tokoh masyarakat. 

"Yang mana disini dulunya lokasi ini adalah Kebun Nagari Salimpaung, yang sekarang telah di Wakafkan kepada Pondok Pesantren Modern Manahijusadat. Mudah-mudahan dengan berdirinya Pondok Pesantren di Nagari kita ini, agar dapat mendidik generasi muda kita disegi ke Agamaan, harapan kita generasi-generasi ini kuat Agamanya," Kata Wali Nagari. 

Hadir pada acara tersebut Wabup Richi Aprian, Waki Wali Kota Bukittinggi H. Marfendy, pimpinan Pondok Pesantren Manahijusadat Kiyai H. Sulaiman Efendy, Buya H. Jali Sadana, Pimpinan badan Wakaf Al-Qur'an Indonesia, Anggota DPRD Tabah Datar Yalpema Jurin, Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Wijayanto, Kemenag, Kesra Dadan, OPD, Forkopinca, Camat Salimpaung Heru Rachmad, Kapolsek Salimpaung, AKP Muhammad ZEN, Wali Nagari Salimpaung Drs. Marjohan, Wali Nagari Tabek Patah dan undangan lainnya.(007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top