Tanah Datar-sumateraline. Com (30 Januari 2023) 

Dengan masuknya KAN Niniak Mamak Bundo Kanduang ke Sekolah sangat membantu para guru-guru dalam mendidik, ini meningkatkan Program kami di Pemerintahan, meningkatkan biaya operasional KAN dan Bundo Kanduang, untuk mencapai Tanah Datar Madani dalam menuju Indonesia Emas, sesuai dengan Adat Basandi Syarak Syarak basandi Kitabullah (ABS, SBK). Progul sudah kita sahkan. 

Hal tersebut di katakan Bupati Eka Putra, SE. MM kepada media sumateraline. Com sesudah acara Serah Terima Jabatan Camat dan Pelantikan Ketua TP-PKK Padang Ganting  bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Lise Eka Putra di Kecamatan Pdang Ganting Senin (30/01).

"Kami berharap KAN dan Bundo Kanduang masuk Sekolah untuk memberikan pelajaran kepada anak usia dini tentang Adat dan ahklak kita sebagai orang Minang, mentransfer Ilmu-ilmunya agar Anak-anak dibekali untuk bekal bagi mereka nantinya," Ucap Bupati Eka Putra. 

Eka Putra menambahkan, 
KAN Niniak Mamak dan Bundo Kanduang, agar memberikan ilmu tentang Adat dan budaya Luhak Nan Tuo Kabupaten Tanah Datar. Dan kami sudah perintahkan Dinas Pendidikan supaya kerjasama dengan KAN dan Bundo Kanduang, Program ini bukan hanya untuk satu nagari saja melainkan untuk KAN di 75 Nagari di Tanah Datar, kata Bupati. 

Di kesempatan lain, Nurhamdi Zahri Dt. Bapayuang Ameh juga sebagai Anggota DPRD Tanah Datar saat dihubungi media ini mengatakan, Program Niniak Mamak masuk Sekolah ini sangat dibutuhkan generasi penerus mulai dari SD agar si anak mengetahui Adat Istiadat Salingka Nagari. 

Tutur sapa sopan santun yang diajarkan kepada kita sebagai orang Minang. "Alhamdulillah Program ini sudah dimulai di Nagari Tabek Patah, dengan adanya Program ini kita bisa menanamkan nilai-nilai adat dan budaya, terutama sekali untuk ahklak generasi muda, "kata Dt. Bapayuang Ameh. 

KAN masuk sekolah sebagai salah satu perwujtan Adat basandi Syarak ,Syarak Basandi Khitabullah (ABS, SBK) Agar generasi muda tidak kehilangan pedoman tentang budaya dan adat dan berperilaku sesuai norma norma adat dan agama. 

Dengan adanya Progran ini saya juga akan membantu meanggarkan Pokir saya untuk kegiatan KAN dan Bundo Kanduang ini, tinggal KAN menjalin kerjasama dengan Sekolah-sekolah, tuturnya. 

Kadis Pendidikan Tanah Datar Riswandi, S. Pd. M.Pd saat ditemui mengatakan,
Pemangku Adat masuk Sekolah ini adalah Program Pemerintah sudah dimulai di Kemendikbud pada tahun 2021, melalui anggaran APBD secara terbatas beberapa Sekolah yang dijadikan Pilot Project Niniak Mamak masuk Sekolah dengan materi Kato Nan Ampek (kata yang empat), disaat Bundo Kanduang masuk Sekolah ini melebihi ke Sumbang 12, sebagai upaya menanamkan Karakter bagi generasi muda usia dini. 

Riswandi, katakan karena memang Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo, tentu perlu memberikan perhatian ke generasi kedepannya. Lalu kita berharap kepada Sekolah melalui dana Bos untuk bisa di anggarkan paling tidak untuk penganti uang Transportasi insentif bagi pembangkut Adat masuk Sekolah tersebut. 

"Silahkan guru-guru pihak Sekolah menjalin kerjasama dengan KAN pemangku Adat Salingka Nagari tentu dengan KAN di Nagari itu sendiri, karena tidak mungkin Nagari A mengajar ke Nagari B itu maka KAN Adat Salingka Nagari masing-masing," ujar Kadis Pendidikan.(007-n) 




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top