Tanah Datar-sumateraline. Com (15 Februari 2023) 

Acara Pengukuhan Ketua dan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dihadiri Bupati Eka Putra Putra dan Wabup Richi Aprian sebagai Payung Paji LKAAM Tanah Datar di Balai Adat Tantejo Gughano Batusangkar Rabu (15/02).

Di kesempatan itu, Ketua LKAAM Tanah Datar
H. Aresno, S.Ag Dt. Andomo menyempaikan, ucapan terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati selaku Payuang Paji Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Luhak Nan Tuo Kabupaten Tanah Datar. 

Kami atas nama Pengurus dan Ketua Panitia pelaksana, mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Wabup yang telah mensupport, bagai mana LKAAN Tanah Datar ini dapat berkiprah di tengah-tengah masyarakat, dalam mengayomi masyarakat kita yang bernaung dibawah Filosofi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). 

"Terimakasih juga kami ucapkan kepada anggota DPRD Kabupaten maupun DPRD Provinsi yang selalu memberikan dukungan kepada seluruh LKAAM Tanah Datar dan bagaimana kiprah LKAAM untuk masa akan datang, dan tidak lupa terimakasih juga kepada Bundo Kanduang," Ucap Ketua Dt. Indomo.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya mengatakan, LKAAM merupakan mitra kerja Pemda Tanah Datar, sebagai satu-satunya organisasi kemasyarakatan dengan hukum adat Minangkabau tertinggi pada sistim kekerabatan matrilineal.

Dengan demikian, Bupati Eka menghimbau pengurus yang telah diambil sumpahnya, wajib berkata benar, menempuh jalan lurus, membimbing anak kemenakan, menjaga harta pusaka, mengikat peesatuan dan kesatuan masyarakat Minangkabau.

"Ke depan, tugas berat telah menanti seluruh pengurus LKAAM Tanah Datar, bagaimana adat dan budaya Minangkabau tetap lestari di tengah perkembangan jaman yang mempengaruhi pola kehidupan Masyarakat. Akan tetapi tidak ada, uang tidak mungkin untuk diwujudkan, jika dilaksanakan secara bersama, kekompakan adalah kuncinya," ujar Bupati Eka.

Bupati Eka menambahkan pengurus LKAAM Tanah Datar segera merencanakan program kerja yang mampu meningkatkan serta melestarikan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

"Apabila, Ninik Mamak telah melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik. Insya Allah, semua permasalahan anak kemanakan, tanah ulayat, pagang gadai, soko, pusako dan sebagainya, akan dapat terselesaikan," tukasnya.

Susunan Pengurus LKAAM Tanah Datar :
Ketua H. Aresno, S.Ag Dt. Andomo. Wakil Ketua I: H.Masrul Yakin Dt. Panduko Kayo. Ketua II: H. Hali Salim Dt. Panduko Basa. Wakil Ketua III: Drs. Nofenril Dt. Nan Kodo Sutan. Wakil Ketua IV: Ir. Efendi Dt. Sidubalang. 

Sekretaris: Rusyadrijal Dt. Rajo Manso. Wakil Sekretaris I: Yanfirman, SS.M.Si, Dt. Antu Basa. Wakil Sekretaris II: H. Asriwan, S.Pd, DT.. Panghulu Rajo. 

Bendahara : INHENDRI ABAS, S.Pd, MM, Dt. Rajo Tan Bosa. 
Wakil Bendahara I : Ujang Suhendri Dt. Rajo Pengulu. Wakil Bendahara II : Bendri Antoni Dt. Tan Gadang. 

Hadir pada saat itu,  Wakil Ketua Umum LKAAM Sumatera Barat (Sumbar) Drs. H. Syafrizal, Dt. Nan Batuah, Anggota DPRD Provinsi Sumbar yakni Arkadius Dt. Intan Bano, Bukhoiri Dt. Tuo, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, SP, Forkopimda Tanah Datar, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.(007-n) 





0 komentar:

Posting Komentar

 
Top