Payakumbuh, SUMATERALINE — Projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. 

Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.  Dengan melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

SD Negeri 02 Payakumbuh pada hari Sabtu tanggal 11 Februari 2023 kedatangan rombongan dari UPT Dinas Pendidikan Padang Utara Gugus I dengan jumlah 66 orang yang diketuai oleh Bapak Drs. Firdaus selaku Koordinator Wilayah, 2 orang Pengawas Binaan, 7 Orang Kepala Sekolah, 42 Orang Guru Kelas, 7 Orang Guru PJOK dan 7 orang Guru PAI, sesuai dengan surat masuk Nomor 422.52/02/GUGUS-I/2023 perihal Izin Kunjungan Study Tiru Program P5 Kurikulum Merdeka.

Selang sehari setelahnya, pada hari Senin tanggal 13 Februari 2023 SD Negeri 02 Payakumbuh juga kedatangan rombongan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu, dengan jumlah 38 Orang yang diketuai oleh Ibu Hj. Neneng Yusnita, S.Pd.M.M selaku Koordinator Wilayah sesuai dengan surat masuk Nomor : 1200/180/Sekr2/2023 perihal Permohonan Study Banding Program P5 Kurikulum Merdeka.

Perihal rencana kunjungan kedua rombongan tersebut telah di sampaikan secara tertulis oleh Ibu Irnawati, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 02 Payakumbuh dan langsung disetujui oleh Bapak Dr. H. Dasril, S.Pd. M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dengan harapan Kepala Sekolah bersama Majelis Guru menyiapkan diri dan segala sesuatu yang berkaitan dengan tujuan kunjungan rombongan tersebut.

Kedatangan rombongan UPT Dinas Pendidikan Padang Utara Gugus I tersebut langsung disambut hangat oleh Ibu Irnawati, S.Pd, Bapak/Ibu Majelis Guru turut hadir Bapak Fiqih Rahmat, Sy, S.Kom selaku Kabid PTK Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Ibu Nikmat Elva, M.Pd selaku Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan Bapak Ardiman selaku Bhabinkantibmas Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo. Ibu Hj. Wisma Diandra, M.Pd selaku Kepala SD Negeri 28 Payakumbuh.  Ibu Deri Sasmita, S.Pd selaku Kepala SD Negeri 40 Payakumbuh. Bapak/ Ibu Pengurus Paguyuban Kelas I dan IV. 

Lalu pada kedatangan rombongan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu juga disambut hangat serta turut hadir Bapak Tavril Samry, S.Pd selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Ibu Khairanni, S.Pd.I Selaku Pengawas PAI SD Kota Payakumbuh, Bapak Hasri Roza, S.Sos Selaku Lurah Padang Tangah Balai Nan Duo, Bapak Drs. H.N Ben Yuza dan Bapak H. Ismail Selaku Pengurus Komite SD Negeri 02 Payakumbuh. Ibu Aisyah, S.Pd Selaku Kepala SD Negeri 54 Payakumbuh. Ibu Dewi Asra, S.Pd Selaku Kepala SDI Al Azhar 65 Payakumbuh.  

Diiringi tarian pasambahan dengan menggunakan iringan alat musik tradisional peserta didik SD Negeri 02 Payakumbuh dibawah bimbingan Ibu Dessy Permana Lestari, S.Pd. SD dan Bapak Rinaldi, S.Pd di halaman sekolah. Pada momen ini tak lupa pula rombongan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu menampilkan Tarian Tor-tor sebagai ungkapan rasa syukur, dan terima kasih dan menyalempangkan kain Ulos kepada Ibu Irnawati, S,Pd.

Di Aula Lantai III dalam penyambutannya, Ibu Irnawati, S.Pd menyampaikan bahwa Kunjungan kedua rombongan ini merupakan suatu penghargaan yang sangat berkesan dan luar biasa bagi sekolah yang mana program P5 berjalan belum cukup 1 tahun sudah dijadikan sebagai contoh bagi kedua instansi beda daerah ini, tak lupa beliau juga berharap adanya terjalin hubungan silaturahmi antar sesama pendidik, saling berbagi ilmu dan informasi mengenai program P5 yang sedang dijalani di sekolah masing-masing.

Pada pemaparan materi Ibu Gustina, M.Pd selaku Ketua Program P5 menyampaikan bahwa  setiap hari  Sabtu merupakan jadwal dilakukannya Program P5 di sekolah dengan durasi pembelajaran 7 jam, berkesempatan rombongan dari UPT Dinas Pendidikan Padang Utara Gugus I bisa mengamati secara langsung proses pengerjaan oleh peserta didik kelas I dan IV dan mencicipi hasil, sementara rombongan dari  Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu mencicipi hasil sembari menyaksikan proses pengerjaan oleh peserta didik kelas I dan IV yang sudah di videokan, tak lupa kedua rombongan juga mendatangi dan menyaksikan pembelajaran kelas digital di ruang IT, pembelajaran kelas 2,3,5,6. UKS, Mushola, Pustaka, Kantin, WC, Ruang pajang hasil karya siswa, serta lingkungan sekolah.

Kelas I melakukan projek membuat sate buah yang terdiri dari berbagai macam jenis buah sehat dan segar diantaranya Apel, Pear, Anggur, Strobery, Pisang, Nenas, Semangka, belimbing, mangga dengan menggunakan berbagai bahan tambahan untuk dijadikan hiasan. Kelas IV melakukan projek membuat kerupuk sayur bayam. Peserta didik melakukan projek tersebut dibawah pengawasan Guru kelas dan Paguyuban kelas.

Disamping itu Ibu Gustina, M.Pd memberitahukan kepada rombongan kunjungan Program P5 di semester I mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik Sampah Teman dan Musuhku, di semester II mengambil tema Kewirausahaan dengan topik Pentas (Pemungutan Sampah Botol Plastik sebagai Media Tanam di Lingkungan Sekolah).

Ini dilakukan atas dasar menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah, jumlah peserta didik 668 orang berpotensi menghasilkan banyak sampah dari jajanan berbungkus, atau makanan yang dibawa dari rumah yang berbungkus, sehingga pengelolaan sampah tidak berjalan maksimal. sehingga terkelola dengan baik minat dan bakat warga sekolah dengan tujuan untuk membentuk peserta didik memiliki kesadaran, bahwa mereka adalah warga dunia yang dapat berkontribusi untuk memelihara kebersihan lingkungan dengan mengelola dan memanfaatkan sampah serta melakukan aksi menjalani gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Sebagai apresiasi atas usaha yang telah dilakukan peserta didik maka akan dilakukan perayaan hasil belajar yang bertujuan untuk melihat dimensi/sikap yang sudah terbangun pada diri peserta didik melalui pengembangan gaya hidup berkelanjutan khususnya dalam pengelolaan sampah dan gaya hidup ramah lingkungan untuk membantu mengatasi global warming dengan produk-produk hasil pengelolaan sampah, sejalan dengan misi SD Negeri 02 Payakumbuh “SANJAI MANIS BADARUAK”.

Sebagai ucapan terimakasih dikarenakan kedatangan kedua rombongan disambut baik dan hangat, masing-masing koordinator wilayah menyampaikan alasan dan harapan mereka melakukan kunjungan ke SD Negeri 02 Payakumbuh.

Dari UPT Dinas Pendidikan Padang Utara Gugus I Bapak Drs. Firdaus mengatakan bahwa mereka memantau program P5 SD Negeri 02 Payakumbuh sudah berkembang cukup pesat dalam dunia pendidikan, walaupun baru berjalan lebih kurang 8 bulan, namun sudah terprogram dan terlaksana dengan sangat baik dan layak untuk ditiru dan di aplikasikan di sekolah dibawah binaannya. 

Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Ibu Hj. Neneng Yusnita, S.Pd.M.M mengatakan bahwa mereka berasal dari daerah kecil yang jauh dari pusat kota  memilih SD Negeri 02 Payakumbuh dikarenakan mengenalnya melalui Ibu Gustina, M.Pd yang pada saat itu diminta menjadi narasumber kegiatan webinar Program P5 Labuhanbatu, dan mulai saat itu Seluruh Kepala Sekolah dan Guru sangat antusias untuk menggali ilmu dan  menjatuhkan pilihan serta ingin mengetahui lebih dalam tentang Program P5 di SD Negeri 02 Payakumbuh. 

Beliau juga berkata bahwa program P5 sudah berjalan dengan sangat baik dan sangat layak untuk ditiru lalu meminta izin meniru sepenuhnya program P5 ini disebabkan di daerahnya masih sebatas teori dan belum sepenuhnya di praktekkan. Bukan hanya program P5 saja mereka juga tertarik dengan kondisi lingkungan SD Negeri 02 Payakumbuh, dan berkeinginan untuk mencontohnya. Dengan harapan kedua rombongan berkeinginan menjalin hubungan silaturahmi antar sesama pendidik, saling berbagi ilmu dan informasi mengenai program P5 yang sedang dijalani di sekolah masing-masing.

Menanggapi kunjungan kedua rombongan tersebut, Bapak Fiqih Rahmat, Sy,S.Kom menyampaikan bahwa kunci keberhasilan dari program P5 Kurikulum Merdeka ini adalah KOLABORASI, ditambahkan oleh Bapak Tavril Samry, S.Pd bahwa program P5 di Kota Payakumbuh tujuannya adalah untuk mengangkat potensi wilayah masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top