Tanah Datar-sumateraline. Com (31 Juli 2023) 

Focus kita pada Musyawarah Nagari (Musna) Nagari hari ini, Prioritasnya Jalan Usaha Tani dan Irigasi, karena Irigasi ini sangat dibutuhkan sekali oleh masyarakat, soalnya semenjak banjir bandang tahun 2009, ada mananya kapalo Banda Capo, sebelumnya alhamdulillah sudah dikondisikan oleh Dinas PUPR. 

Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Mandailing Zulfirman saat Musyawarah Nagari (Musna) di Aula Kantor Wali Nagari Lawang Mandailing Kecamatan Salimpaung pada Senin (31/7) dini hari. 

Jadi sudah banyak bantuan ke atas tapi karena keterbatasan anggaran belum maksimal, masih banyak lagi yang harus diperbaiki seperti pembuangan air irigasi tidak jalan belum selesai. "Untuk irigasi ini kurang lebih 115  hektar Sawah yang dialiri dari sumber air Kapalo Banda Capo Jorong Kandang Malabuang ini, masyarakat bergantung semua kesana, "kata Wali Nagari Lawang Mandailing. 

Zulfirman juga katakan pada Musyawarah Nagari hari ini yang akan kita usulkan tentu yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, bukan kebutuhan perorangan nanti akan kita masukan dalam RKP Tahun 2024, ujar  Zulfirman. 

Di kesempatan itu Ketua Tim Fasilitasi Kabupaten yang di Wakili Sekretaris Dinas Perhubungan Irwan, dalam arahannya menyampaikan Musyawarah Nagari merupakan agenda rutin pemerintahan nagari. Sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa.

Sementara untuk penyusunan RPJM ( Rencana Kerja Jangka Menengah) dan RKP ( Rencana Kerja Pembangunan) diatur dengan peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk tekhnis penyusunan RPJM Nagari dan RKP.

" Musyawarah nagari berfungsi untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis. Hasil Musna menjadi pedoman bagi pemerintah nagari dalam menyusun RKP dan DURKP. Dalam Musna membahas hal- hal antara lain mencermati ulang dokumen, membentuk tim verifikasi" ujar Irwan. 

Musyawarah Nagari (Muana) ini di buka oleh Ketua BPRN, dihadiri Tim Musna Kabupaten serta OPD terkait, Forkopinca, Camat Salimpaung, Kapolsek Salimpaung, Danramil, Wali Nagari Zulfirman, Wali Jorong se-Nagari Lawang Mandailing, KAN, Niniak Nanak Bundo Kanduang. (007-n) 









0 komentar:

Posting Komentar

 
Top